Jangan suka Berbohong

Disuatu hutan nan jauh disana, terdapat beberapa hewan rimba yang sedang berkumpul dan berbincang bincang, diantaranya monyet, kelinci, kerbau dan juga burung, mereka sedang saling mengobrolkan kehidupan mereka sehari hari.
Kelinci berkata " kalian tahu tidak, kalau di rawa itu buayanya banyak sekali, kemarin aku berjalan kesana,mereka mengejarku sampai ke dekat rumahku dan mau melahap ku"
"Benarkah itu Kelinci???"tanya Kerbau.
"Iya Kerbau, sungguh menakutkan hari itu" ujar Kelinci.
Lalu yang lain pun mulai membicarakan tentang buaya yang ada di rawa,termasuk monyet dan burung pun mulai ikut membicarakan tentang buaya.
"Tapi sejujurnya walaupun mereka itu ganas hanya ketika lapar saja kelinci, aku pun kemarin diam di atas pohon dekat rawa mereka tidak mengganggu ku, malah mereka menyapa ku" ujar burung.
"menyapa??benarkah itu??" tanya kelinci
"sejujurnya kini aku takut kalau mau pulang melewati rawa, aku takut mereka akan memangsaku" ujar kelinci
"iya, tapi itu pun kalau mereka sudah kenyang"ujar burung lagi.
"masa sih???aku kemarin mendekati mereka baik baik saja tuh" ujar monyet dengan sombongnya
"hah????sungguh kamu mendekati mereka monyet??" tanya kelinci.
"iya kelinci, aku bawakan mereka pisang dan aku berikan pada mereka sampai kenyang, hingga mereka susah bergerak, apalagi mengejarku hahahahaha" bual sang monyet pada yang lain
"Aku pikir mereka hanya makan daging nyet??" timpah Kerbau.
"Bodoh kamu kerbau, mereka memakan pisang yang aku berikan" jawab monyet.


monyet pun terus berkata hal hal yang tidak masuk akal pada mereka, sampai tak terasa bila waktu sudah mulai sore.
"Sudah sore nih, aku mau pulang dulu, takut pak tani mencari ku" ujar Kerbau.
"iya sebentar lagi malam aku takut sarangku ditempati burung lain, aku p[un harus pulang"ujar burung.
"hah kalian sudah mau pulang???tidak seru,ayo kita temui buaya dulu, akan ku buktikan ucapanku tadi"tantang monyet
"ah enggak ah, aku takut" ujar burung dan kerbau.
"aaahhh baiklah ayo monyet kita pergi, sekalian kamu anta aku pulang, kamu kan bersahabat dengan buaya,kalau kamu mengantarku, buaya pasti tidak akan memangsaku karena aku temanmu" ujar kelinci.
"oke,ayo kelinci kita berangkat ke rawa, aku akan antar kamu,biar aku yang berurusan dengan buaya, kamu santai saja ya" ajak monyet dengan santainya.

Setelah mereka mengucapkan salam perpisahan pada burung dan kerbau,monyet dan kelinci pun mulai berjalan menuju rawa.Ketika melewati rawa, secara tiba2 Buaya langsung melompat dari rawa, dan menerkam monyet,kelinci pun langsung lari bersembunyi dibelakan batu,
"hahaha, tenang saja kelinci, dia tidak akan memakanku, ini hanya salam persahabatan kami"ujar monyet pada kelinci
"yang betul nyet, aku takut, nampaknya buaya sedang lapar sekali,"ujar kelinci pada monyet.
"iya benar, lihat aku bawa banyak pisang nanti aku kasih dia pisang sampai kenyang, dia pasti melepaskanku" ujar monyet bohong lagi pada kelinci,
"yasudah kalau begitu aku pulah ah takut sama buaya, kamu yang akrab aja yah sama buaya, dadah monyet"ucap kelinci sambil berlari.
"eh kok aku ditinggal"teriak monyet pada kelinci.
kelinci terus berlari tanpa menghiraukan ucapan monyet karena takut melihat buaya yang masih memegang monyet.
"heh monyet, kamu tukang bohong, biar dipanggil hebat kamu bohong sama si kelinci,"ujar buaya geram.
"bohong apa???" tanya monyet
"kau bilang aku makan pisang, aku makan kamu bukan pisang" ujar buaya
"rwaaaaaaaaaaaaaaar" suara buaya menerkam monyet.

Esok harinya, Kelinci pun berkumpul lagi dengan Kerbau dan Burung, namun monyet tak kunjung muncul di tempat mereka biasa berbincang.
"Kelinci mana monyet, bukannya kemarin dia mengantarkanmu pulang, kok tidak ada??" tanya kerbau.
"mungkin dia sudah tidak ingin berbincang dengan kita yang takut sama sahabatnya si buaya" ujar burung
"iya mungkin saja begitu" ujar kelinci.
lalu disaaat mereka membicarakan monyet, terdengar langkah yang sudah tidak asing didengar oleh kelinci, dan disaat kelinci menoleh dan melihat langkah itu.
"Bu Bu Buayaaaaaaaaaaaaa, sdeang apa kau disini, jangan mangsa aku" teriak kelinci pada buaya
"hahahahahahahaha, aku tidak akan memangsamu kelinci tenang saja" ujar buaya
"hah kenapa,apa monyet telah memberitahumu kalau aku ini sahabatnya, hangga kamu tidak mau memangsaku??" tanya kelinci
"hahahaha bukan kelinci, bukan begitu" tawa buaya
"lalu kenapa??" tanya kerbau dan burung
"karena aku sudah kenyang, jadi aku tidak perlu makan lagi" jawab buaya.
"Tuh kan kalau buaya kenyang dia tidak akan memangsa kita" ujar burung
"iya, aku kesini ingin memberitahukan kalau monyet pembohong itu tidak bisa ikut berkumpul dengan kalian lagi sekarang, karena semalam aku sudah memangsanya, dan harus kalian tahu, aku tidak makan pisang, tapi makan daging" ujar buaya.
"dan juga aku akan memangsa siapa saja diantara kalian yang sering bohong, awas ya kalau suka bohong, apa kalian mengerti???" ancam buaya
"mengerti buaya kami tidak akan berbohong lagi, kami takut dimangsa sama kau" ujar kerbau, burung dan kelinci.





                                                                               -Tamat-


Nb: nah anak anak jangan suka bohong ya nanti bisa bisa kalian dimangsa buaya juga hehehe
sekian cerita kali ini.

Load disqus comments

0 comments