Tips :: 6 dampak pemberian uang jajan berlebihan

Jajan untuk anak itu seperti kebutuhan, setiap anak senang berbelanja makanan atau mainan yang mereka suka, apalagi apabila anak dalam masa sekolah, jajanan yang sering ada di setiap sekolah dan dijalan kerap jadi tempat dimana mereka jajan. namun tahukah anda dengan memberi uang jajan yang berlebihan dapat memberi dampak kurang baik bagi mereka, orang tua pasti tidak ingin melihat anaknya kesulitan jajan saat mereka ada diluar rumah, namun pemberian uang jajan yang berlebihan bukanlah satu-satunya pilihan untuk diberlakukan untuk anak.



1. Dengan memberikan uang jajan yang berlebihan pada anak dapat membuatnya kurang menghargai uang di saat dia beranjak dewasa nanti, jika anda ingin mencukupi kebutuhan anak, anda harus memperhatikan seberapa banyak uang yang dia jajankan setiap harinya, dengan begitu anda dapat mengkalkulasi seberapa uang yang harus anda berikan pada anak.

2. Uang jajan berlebihan pun akan menyulitkan orang tua, pengeluaran yang berlebihan tentu saja kurang baik untuk ekonomi dalam keluarga.

3. Dengan uang jajan yang berlebihan dapat membuat anda lebih manja dan seringnya anda harus selalu mengikuti setiap keinginan mereka,karena jika tidak mereka akan menangis dan merengek.Hal itu memang sering terjadi tapi dengan anda dapat mengontrol pemberian uang jajan pada anak akan memudahkan untuk menolak atau merayu anak agar tidak jajan hal hal yang memang tidak dibutuhkan oleh mereka

4. Dengan uang jajan yang berlebihan dapat menyulitkan anak untuk makan dirumah, makan dirumah merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kedekatan sang anak dengan orang tua dengan seringnya anak makan/jajan diluar itu akan mempengaruhi kedekatan orang tua dan anak

5. Uang jajan berlebihan akan menyulitkan orang tua untuk mengkontrol makanan apa saja yang dia makan, karena tidak semua jajanan di jalan atau disekolahnya sehat dan itu bisa mempengaruhi akan kesehatan anak itu sendiri

6. Dengan banyaknya uang jajan yang berlebihan pun dapat mengundang kejahatan orang yang tidak anak kenal, lebih baik berhati hati karena tindak kejahatan pada anak kini rentan terjadi.


Memberi uang jajan adalah hak setiap orang tua, namun dengan kontrol yang baik dan pengarahan yang baik dapat mengarahkan anak untuk menggunakan uang sebaik mungkin, memanjakan tidak harus selalu dengan uang yang terlalu banyak yang anda berikan, karena anak lebih membutuhkan perhatian dan kasih sayang anda, uang hanya salah satu penunjang kasih sayang anda.





                                                       - Semoga bermanfaat terima kasih -
Load disqus comments

0 comments