Bahaya Makanan Berpengawet Bagi anak.

Jajanan adalah hal yang digemari oleh anak anak, hampir semua anak menyenangi makanan-makanan ringan yang sering berada diwarung atau di super market,namun dibalik lezatnya makanan ringan yang digemari anak anak ini ada satu dan lain hal yang harus diperhatikan, apalagi makanan yang digemarinya itu makanan yang mengandung pengawet. banyak sekali makanan ringan seperti ciki,loli pop, permen, dan minuman minuman dingin yang mengandung pengawet, dan itu dapat berbahaya bila pemakaian jangka panjang atau terus menerus.


1.Gula buatan, atau pemanis buatan kimia, sejujurna dalam konsumsi yang tidak berlebihan zat ini tidak akan
berbahaya bagi anak, dan selain itu pemanis buatan dapat digunakan sebagai diet gula atau pun bagi yang sedang diet kalori, namun tahukah anda apabila dalam penggunaan(konsumsi) yang berlebihan gula buatan ini dapat menimbulkan bebearapa penyakit yang serius seperti kanker,.
biasanya gula buatan atau sang pemanis ini terdapat pada permen dan minuman minuman kemasan.

2. MSG atau perasa buatan ini pun bila dalam penkonsumsian yang wajar tidak akan berbahaya bagi anak namun jika pengkonsumsian zat ini berlebihan ini dapat memicu kerusakan di hati dan di ginjal, serta dapat memicu kanker.

3.Kalsium Benzoat, zat ini dapat digunakansebagai anti jamur atau anti spora pada makanan dan ini dapat digunakan untuk mencegah ,makanan menjadi basi dan awet, terkhusus makanan makanan basah, seperti syrup, jus buah, atau coctail kalengan.penggunaan berlebihan bisa merusak sel jaringan tubuh dan juga dapat mengganggu pernafasan seperti asma.

4. asam askorbat, atau pengasam makanan, bisa terdapat pada manisan, atau makanan makanan yang beraroma buah jeruk, bahkan di permen pun zat ini dapat ditemukan,penggunaan yang berlebihan dapat
merusak lambung dan hati.

Makanan ringan memang dapat digunakan untuk memanjakan anak, namun sangat harus diperhatikan pada jumlah konsumsinya,apalagi untuk orang tua baiknya membuat makanan ringan sendiri dirumah dengan pengawet makanan yang alami dan aman untuk konsumsi anak.
Sekian, semoga bermanfaat, apabila ada yang kurang atau salah, tolong comment untuk perbaikan penulis, jgn lupa share dan follow me.


                                                                 -Terima Kasih-
Load disqus comments

0 comments