Bermain Layang Layang

Permainan ini sangatlah digemari bagi seruluh anak, permainan yang sangat menyenangkan menerbangkan layang layang.
Menerbangkan layang layang biasa anak anak lakukan di lapangan, di kampungku anak anak biasanya mengadu layang tersebut, mereka menggunakan benang senar di bagian mereka mengendalikan layang layang dan gelasan/senar tajam di bagian dekat layangan agar ketika layangan mereka saling mengadu mudah
memutuskan benang satu sama lain.
Selain mengadu pun anak anak di kampungku memiliki kebiasaan moro layangan atau mengejar layangan yang putus kalau kalah mengadu, biasanya mereka mengejar layangan ke kampung kampung ke sawah dan di lapangan.
Layangan terdiri dari beberapa jenis di kampungku mulai dari layangan gombres/layangan adu, layangan raksasa dan juga layangan hias.
Layangan gombres memiliki bentuk yang tidak terlalu besar dengan bagian ekor yang lebih tipis , hal ini biasanya dilakukan agar layangan dapat melesat ketika anak menarik benang, selain itu layangan gombres biasanya memiliki harga yang lebih murah dibanding layangan yang besar atau layangan hias, rata2 layangan ini digunakan sebagai layangan adu, selain itu anak2 lebih menggemari layangan ini karena lebih mudah dikendalikan dan lebih murah harganya.
Layangan raksasa /layangan besar memliki ukuran diatas layangan gombres biasanya diterbangkan bersama layangan hias disaat saat tertentu seperti pada hari kemerdekaan atau ada pertandingan layangan hias, dengan ukuran yang sangat besar biasanya diterbangkan oleh orang dewasa dibanding oleh anak anak karena tenaga yang dibutuhkan untuk mengendalikan layangan ini pun lumayan besar.
BACA PULA : BERMAIN PETAK UMPET
Menerbangkan layangan merupakan hal yang sangat menyenangkan namun kini mainan ini mulai pudar karena sulitnya mendapatkan tempat untuk menerbangkan layangan. Semoga kedepannya pemerintah akan menyiapkan ruang khusus untuk anak bermain permainan yang saya mainkan semasa kecil.
Load disqus comments

1 comments: